Sisa 30 persen Pemudik belum kembali ke Jakarta, One Way GT Kalikangkung-Cipali Dihentikan

Nicolas
Nicolas
Diperbarui 16 April 2024 13:46 WIB
Kakorlantas Pantau Kesiapan Jalur Mudik di Cikampek
Kakorlantas Pantau Kesiapan Jalur Mudik di Cikampek

Jakarta, MI - Hari pertama masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1445H/2024 pada hari ini Selasa (16/4/2024), baru sekitar 70 persen pemudik yang kembali ke Jakarta. Artinya, masih ada 30 persen lagi pemudik yang masih berada di kampung halaman.

Hal itu dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Irjen Pol. Aan Suhanan di Kantor Jasa Marga di KM 70 Tol Cikampek Utama, Selasa (16/4/2024).Aan mengatakan adanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) membuat 30 persen pemudik yang belum kembali, akan balik pada tanggal 16 dan 17 April.

"yang tersisa belum kembali ke Jkaarta sekitar 30 persen," kata Aan. Bila mereka kembali dalam dua hari ini maka akan ada 15 persen setiap setiap harinya.

Melihat situasi arus lalu lintas di ruas jalan tol pada H+7 ini sudah menurun, Korlantas Polri menghentikan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dari KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 72 GT Cipali. Namun, kata Aan, pihaknya masih memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem lawan arah (contraflow) dua lajur mulai dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara arus balik dari jalur Pantura saat ini masih dalam batas normal, kepadatan kendaraan hanya terjadi di beberapa lampu lalu lintas atau 'lampu merah' yang terdapat di beberapa titik pada jalan tersebut.[Lin]