DPUBM Kabupaten Malang Rampungkan Kegiatan Peningkatan Jalan Tangsi - Pantai Sipelot Kecamatan Tirtoyudo

Aswan LA
Aswan LA
Diperbarui 6 Desember 2023 02:41 WIB
Kondisi jalan beton di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Kondisi jalan beton di Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang (Foto: MI/Rina Sugeng Yuliani)
Kabupaten Malang, MI Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang merealisasikan berbagai program kerja di tahun 2023.  Adapun jenis pekerjaan yang telah dilakukan menangani beberapa ruas jalan yang menjadi lokasi pekerjaan pengeprasan bahu jalan salah satunya ruas jalan Tangsi – Desa Pujiharjo Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang.

Seperti yang disampaikan Fendi Sujatmiko selaku Sekretaris DPUBM Kabupaten Malang, bahwa giat pengeprasan dilakukan guna untuk mengurangi tanah bahu jalan yang lebih tinggi menjadi lebih rendah dari jalan raya. "Agar air yang terdapat di jalur lalu lintas dapat mengalir ke saluran air yang ada sehingga menghindari air menggenang di jalan raya,” jelasnya, Selasa (5/12).

Perlu diketahui status jalan tersebut, adalah jalan K1 yang merupakan akses satu-satunya ke Desa Pujiharjo dan Desa Purwodadi. Kendati demikian, pelaksanaan pekerjaan pembangunan jembatan dan jalan melakukan giat pengeprasan bahu jalan yang ada dilokasi wilayah UPT pengelola jembatan dan jalan yang masih dalam kewenangan DPUBM Kabupaten Malang. 

Menurut Fendi, adapun jenis pekerjaan yang dilakukan yakni existing pengerasan jalan yang ada berupa lapen rusak parah yang kondisinya tinggal makadam dan jalan tanah.

“Bentuk penanganan kali ini, berupa jalan beton full dengan luas volume total panjang 2064 x lebar 5 tebal 20 cm. Dan pekerjaan beton dengan lebar 5 meter ini terbagi menjadi 4 segmen yang tertangani dengan total Panjang 2063 meter : Segment 1 : 252 x 5, segment 2 : 1084 x 5, segment 3 : 425 x 5, segment 4 : 303 x 5,” ungkapnya.

Menurut Fendi, perbaikan jalan ini sangatlah tepat dan membawa dampak yang signifikan dari segi kenyamanan dan keamanan berkendara. Sehingga dengan perbaikan jalan ini diharapkan dapat memperlancar dan meningkatkan mobilitas perekonomian masyarakat sekitar yang mayoritas nelayan dan hasil bumi lain. Bukan hanya itu, sektor pariwisata juga akan meningkat.

"Sebagaimana kita ketahui bersama dua desa memiliki potensi wisata laut yang cukup terkenal, seperti di Desa Purwodadi terdapat beberapa Pantai seperti Lenggoksono, wediawu, banyu anjlok, bolu – bolu, kletekan (Snorkeling)," katanya.

"Sedangkan di Desa Pujiharjo juga terdapat Pantai Sipelot yang menjadi pusat nelayan. Dengan keindahan pantainya juga menarik minat para pengunjung wisata, bahkan tidak jarang turis mancanegara mampir,” imbuhnya. (ADV/Rina Sugeng Yuliani)