Plt Sekda Malut Salmin Janidi Gelar Open House Diakui Perdana Dihadiri Ratusan ASN dan Masyarakat

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 11 April 2024 14:08 WIB
Plt Sekda Malut Salmin Janidi menyambut salah satu tokoh masyarakat Sofifi di acara Open House, di Sofifi, Kamis (11/4/2024) (Foto: MI/Ist)
Plt Sekda Malut Salmin Janidi menyambut salah satu tokoh masyarakat Sofifi di acara Open House, di Sofifi, Kamis (11/4/2024) (Foto: MI/Ist)

Sofifi, MI - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara (Malut) Salmin Janidi menggelar Open House pasca H-1 lebaran Idul Fitri, bertempat di kediaman dinasnya, di Jalan Kilo Meter 40, Sofifi, Kamis (11/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan bahwa dengan momentum lebaran ini menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat. Sehingga, dengan dilaksanakannya Open House dan Halal Bil Halal ini menjadi peristiwa bersejarah di Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“Dimomentum Idul Fitri ini, masyarakat kita menjadikannya sebagai ajang silaturrahmi. Dari rumah ke rumah mereka saling mengunjungi. Bahkan, hari ini kita berkumpul disini sebagai bentuk silaturahmi untuk dijalin, karena ini ada perintah dari Allas SWT,” ujar Salmin.

Selain itu, menurut dia, Islam sangat menganjurkan bagi pemeluknya untuk memperkuat tali silaturahmi. Sesuai denga hadis-hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, maka hendaklah dia memuliakan tamunya, siapa yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, hendaklah dia menghubungkan silaturahmi, siapa yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya, hendaklah dia berkata baik atau diam” (HR Bukhari Muslim).

“Insya Allah dengan hubungan silaturahmi yang kita bangun dapat terjalin sampai seterusnya, supaya pelayanan publik di daerah ini dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, salah satu anggota Satpol PP Malut Udin yang bertugas menyiapkan Sound System dalam pelaksanaan acara tersebut mengatakan, selama ini baru pertama kali dia menyaksikan ratusan ASN dan masyarakat yang menghadiri acara Open House yang di gelar oleh Plt Sekda Malut Salmin Janidi.

“Selama ini, saya nanti hari ini baru saya lihat pegawai dengan ratus datang di Pak Sekda baru punya acara. Padahal bukan hanya pegawai, tapi masyarakat juga banyak yang hadir,” ungkapnya.

Pantauan Monitorindonesia.com di lokasi acara, ratusan ASN dan masyarakat memenuhi seisi halaman rumah dinas Plt Sekda, bahkan sebagian ASN dan masyarakat ini sampai tidak mendapatkan tempat duduk sehingga berdiri sampai badan jalan Kilo Meter 40. (RD)