Danielle Collins Melaju ke Semifinal Miami Open

Nuramin Rizky
Nuramin Rizky
Diperbarui 28 Maret 2024 10:37 WIB
Simona Halep dari Rumania mengembalikan bola ke Danielle Collins. (foto: ANTARA)
Simona Halep dari Rumania mengembalikan bola ke Danielle Collins. (foto: ANTARA)

Jakarta, MI - Petenis Amerika Danielle Collins melaju ke semifinal Miami Open dengan kemenangan telak 6-3, 6-2 atas petenis Prancis Caroline Garcia, Rabu waktu setempat Kamis (28/3/2024) WIB.

Garcia memasuki pertandingan tersebut setelah menang atas unggulan ketiga dari Amerika Coco Gauff tetapi tidak memiliki jawaban atas serangan petenis asal Florida itu. Garcia masih tampak bermasalah dengan cedera di bahu kanannya dan mendapat perawatan medis di awal set kedua.

Collins melakukan break untuk unggul 5-3 pada set pertama dan kemudian menahan servis untuk set tersebut. Pada set kedua ia melakukan break pada gim ketiga dan terus meningkatkan performanya hingga meraih kemenangan dalam waktu satu jam 19 menit.

Collins mencapai semifinal Miami Open enam tahun lalu sebagai petenis kualifikasi dan berada di peringkat ke-53 sebagai semifinalis dengan peringkat terendah di turnamen tersebut.

Petenis berusia 30 tahun itu kini memiliki rekor head to head 4-0 melawan Garcia dan belum pernah kalah satu set pun dari petenis Prancis itu, namun ia mengatakan angka-angka tersebut tidak menjelaskan kisah sebenarnya.

"Saya pikir melawan seseorang seperti Caro, itu memaksa saya untuk lebih berkonsentrasi. Saya tahu saya tidak ingin memberinya satu inci pun atau dia bisa masuk ke sana," kata Collins, seperti disiarkan AFP, Kamis.

Garcia merasa turnamen berlangsung tanpa henti baginya. "Ini merupakan dua pekan yang panjang bagi tubuh saya, antara punggung dan kemudian bahu," ujar Garcia.

menambahkan bahwa masalah bahu tersebut kambuh dari cedera sebelumnya. "Saya kira tidak ada yang terlalu serius namun (bahu) selalu menjadi masalah bagi seorang pemain tenis." sambungnya

Ia juga mengatakan bahwa Collins telah memainkan "pertandingan yang luar biasa."

Collins bermaksud untuk pensiun pada akhir tahun ini, tetapi meskipun dia setuju bahwa dia terlihat santai dalam permainannya, dia menolak anggapan bahwa hal itu dikarenakan dia akan gantung raket.

"Saya pikir saya merasa cukup santai, tapi itu mungkin disebabkan oleh beberapa hal. Saya punya hobi baru. Saya lebih banyak bermain golf, lebih banyak berlari, pilates, dan semua hal yang berbeda dari ini," kata Collins.

"Anjing saya ada di sini. Saya merasa santai karena bisa bersamanya di malam hari. Entahlah," ujarnya sambil tersenyum.

Collins akan menghadapi pemenang perempat final lainnya antara rekan senegaranya Jessica Pegula dan petenis Rusia Ekaterina Alexandrova, yang mengalahkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek di babak sebelumnya. (AM)